Sunday, September 04, 2005

Beauty ?

Seorang perempuan bertanya padaku :" hey 8erz, menurutmu, apa aku itu cantik ? "
Aku tersenyum dan kemudian menjawab," itu tergantung."

"Aku gak suka jawabanmu, jangan setengah-setengah kalau menjawab, ayolah, aku ingin tahu pendapatmu tentang diriku", ujarnya lagi.

Aku terdiam sejenak, memandang matanya dan kemudian kembali menjawab," baiklah, menurutku cantik itu adalah jika seorang perempuan memiliki 4 macam sifat ini : bersih, ceria, cerdas, dan memiliki sikap yang baik. penampilan muka dan badan adalah faktor kelima yang akan kupertimbangkan dalam hal menilai perempuan itu cantik atau tidak. Kalau satu dari 4 sifat pertama tidak dimiliki oleh seorang perempuan, maka aku tidak akan bilang dia cantik. Menarik mungkin, cantik ? i don't think so. Jika aku bertemu seorang perempuan yang memiliki muka dan badan yang bagus, maka aku akan melihat dia sebagai perempuan yang menarik, tapi belum tentu cantik. jika kebetulan aku berkesempatan berkenalan dengannya dan mengenalnya lebih jauh, baru aku bisa menilainya cantik atau tidak, dan menurutku kamu adalah perempuan yang cantik dan menarik."

Selesai aku berkata demikian, senyumnya mengembang dan matanya bersinar tajam, pertanda dia puas akan jawabanku.

4 comments:

Anonymous said...

Well....antara cantik dan menarik, yang mana yang obyektif dan mana yang subyektif ?
Misalnya, seorang aktris super star dunia adalah cantik karena mass media yang membentuk citra demikian, ataukah karena memang setiap bagian dari wajahnya, baik ukuran besar, bentuk maupun letak /posisi, dan kombinasinya secara keseluruhan dengan rambut dan semua accessoriesnya, begitu harmonis dan proporsional ?
Karena hal2 tsb bisa diukur secara fisik, maka cantik adalah obyektif dan bisa dibuat skala bench mark nya dari 1 sampai 10 misalnya.
Adapun menarik adalah hal yang subyektif, karena sudah melibatkan 'apa yang terasa'. Jadi, bisa saja ada aktris yang cantik pada skala 9 tapi aku tidak merasa tertarik kepadanya.

Anonymous said...

Kok senyumnya mengembang dan matanya bersinar tajam sih ?
Maksudnya bersinar tajam itu apa ya, mata menyelidik ?
Ataukah maksudnya.... matanya berbinar-binar senang karena disebut cantik dan menarik ?

eighterz said...

To arsuda, aku setuju dengan masukan tambahannya, justru karena cantik bisa kita objektifkanlah, maka aku membuat post "beauty ?" ini. dan hal subjektif pada ketertarikanlah, yang memang membuat beberapa temanku berpacaran dengan perempuan yang tidak "cantik". bagi mereka, selama aku tertarik, tidak masalah toh dia "cantik" atau tidak. well, everyone has it's own mind, like i said.

to andika ,sebenarnya aku mau pake frase matanya berbinar, tapi rasanya
kata berbinar tidak cocok dengan karakter dirinya yang cerdas. pandangan matanya saat itu lebih mengena jika disebut bersinar tajam, tanda kecerdasan otaknya menerima apa yang baru aku katakan :P

Miss Amazingly Alive's said...

a proverb says that...men are shallow, and women are insecure...