Monday, August 14, 2006

Apa arti lagu....Somet Version,

"8erz, selera seseorang terhadap satu aliran musik dipengaruhi oleh kebutuhan jiwa mereka yang sebenarnya loh. Kebutuhan melengkapi hal-hal yang kurang dalam hidupnya. Maksudku, jangan heran kalau kamu melihat satu orang yang dalam kehidupan sehari-harinya selalu kalem dan tidak banyak bicara, tapi di komputernya dipenuhi MP3 lagu-lagu keras, rock, metal dsb. "

Begitu kata salah seorang temanku,somet, kira-kira 1 atau 2 bulan yang lalu, waktu itu aku cuma menyimpan perkataannya sebagai wacana saja.
Entah kenapa, kata-kata itu terngiang kembali saat aku melihat dua temanku yang sehari-harinya pendiam tapi sangat menyukai lagu-lagu keras dari "System of Down", "Korn" dll.

Saat aku mengingat-ingat lagi, Di SMU dulu, para "penggila murni" lagu-lagu keras, memang pada kesehariannya orang-orang yang relatif pendiam, ngga teralu banyak bergaul, atau boleh aku sebut introvert. Sementara orang-orang yang lain, kebanyakan ikut-ikutan trend saja. Teman-temanku yang relatif nakal dan liar, memang biasanya memainkan lagu-lagu keras di bandnya, tapi aku bisa melihat bahwa hal itu hanya sekedar untuk melengkapi imej kenakalan dan liar mereka saja, ikut trend, terbukti saat trend musik berganti jadi R&B, para "followers" ini merubah lagu-lagu kesukaan mereka, sementara para "penggila murni" tetap menyukai lagu dari aliran yang keras.

Dari situ aku punya dugaan juga,mungkin ada benarnya hipotesa somet,bahwa lagu itu untuk melengkapi sesuatu yang kurang pada hidup kita ?
Betulkah orang-orang yang introvert itu, menyalurkan rasa pemberontakan mereka dengan memainkan dan mendengarkan lagu-lagu keras karena di keseharian mereka, mereka tidak mampu untuk beringas seperti sifat lagu yang mereka dengarkan ?

Satu gejala yang menarik kemudian membuatku merasa geli, teman-temanku yang memiliki sifat playboy, sebenarnya menyukai lagu-lagu yang bernuansa romansa, cinta dan sejenisnya.
Apa karena mereka pada dasarnya merindukan kehadiran cinta ?? :)

Gejala yang lain adalah, orang-orang yang aktif, banyak kegiatan, pada dasarnya menyukai lagu-lagu yang slow, santai, easy listening daripada lagu hingar bingar. walaupun mereka tidak menolak juga mendengarkan lagu-lagu semacam ini.

Kalau begitu, apa yang kurang dari diriku ya ? berhubung, pada dasarnya aku menyukai lagu-lagu nostalgia jaman 80an dan Jazz dibanding aliran yang lain ?

hahahaha, hipotesa temanku ini, makin hari makin masuk aja nih kedalam kepalaku.


8erz'06

8 comments:

Anonymous said...

Aah! Sepertinya aku harus setuju! Selera musikku memang sangat berubah-ubah tergantung mood-ku.

Tapi, kalau begitu, lucu juga ya? Kalau begitu, mungkinkah seorang penggemar musik jazz yang 'calm and cosy' sebenarnya tipe orang yang 'resah'? Wah... kalau begitu...

Hmm...

eighterz said...

Ahahaha, daya analisis kamu masih tetap tajam seperti dulu dear old friend.

Mungkin memang pada dasarnya aku ini orang yang gampang resah dan ......apa ya istilahnya ? grasak-grusuk ?

pertanyaannya, Apa 8erz yang dikenal orang sebagai pencari solusi, kalem, santai, tulus, logis dan rasional adalah karena kemampuanku mengendalikan diri atau hanya salah satu topengku saja ? :)
hehehehe

hmm....

ngga perlu dijawab juga sih :P

8erz'06

Anonymous said...

Actually the said hypotesis only based on several people which were too small in quantity to represent a valid sample

And I am one of them who did not agree with that hypothesis 'coz it was not true for me and some of my friends too

eighterz said...

Well, memang sebenarnya masih terlampau dini untuk disebut hipotesa yah ?
Gapapa sih, hal ini kan bisa juga dijadiin salah satu sarana mencari jati diri juga, sama saja dengan pertanyaan-pertanyaan kepribadian di majalah-maalah remaja.
percaya atau ngga, ngga terlalu berpengaruh besar.
Bagi beberapa orang mungkin musik memang bisa menjadi penyalur hasrat, rasa, impian dan perasaan yang terpendam.
Bagi yang lain, musik adalah sesuatu yang nyaman untuk dinikmati saja tanpa embel2 tertentu.
Tapi, kalau kamu, aceman, membaca lagi komentar ini, bisa berbagi ide, kenapa kamu merasa "hipotesa" ini tidak benar ? apa sih aliran musik kesukaan kamu ?
just curious...

Anonymous said...

(Eh, ha ha ha. Sebenarnya penggemar jazz yang kumaksud bukan kamu kokm, melainkan seorang anak tinggi penggila basket yg belakangan ini sering fitness. Mungkin kamu kenal.)

Hmm, meski demikian, kupikir hal ini berlaku bagi sebagian orang, jadi enggak sepenuhnya salah. Kupikir pelampiasan perasaan terpendam bagi tiap orang itu memang beda-beda.

Anonymous said...

Aku paling suka lagu semi klasik dan gak suka lagu hard rock.
Bisa kamu tebak karakterku ?

eighterz said...

ugh, jawabanku :
aku ngga tahu. :P
Aku masih belum tau pasti karakter lagu sih.
tapi mungkin nanti kalau ketemu dgn somet akan aku sampaikan pertanyaan kamu.
dia lebih tau seluk beluk musik daripada aku sendiri.

8erz'06

Anonymous said...

Karena tipe lagu-lagu klasik adalah lagu-lagu cerdas, dalam, dan berselera tinggi, mungkinkah menurut artian ini ace-man seseorang yang bodoh, dangkal dan rendah diri?

...

Aaa, lupakan saja aku ngomong gitu! Aku juga kagak tau! Untuk kali ini aturan itu pasti enggak berlaku!